Eksotisme Pulau Lengkuas dengan Mercusuar Bersejarah


BELITUNG. Dulu sebelum muncul film Laskar Pelangi tidak banyak orang yang tahu pulau yang satu ini, tetapi setelah film Laskar Pelangi melejit, Pulau Belitung mendadak menjadi terkenal, dan arus wisatawan pun mengalir deras ke sana. Pulau Belitung bersama Pulau Bangka sekarang menjadi propinsi tersendiri dengan nama Propinsi Kepulauan Bangka-Belitung (Babel), setelah memisahkan diri dari propinsi induknya, Sumatera Selatan. Ibukota Propinsi Babel adalah Pangkalpinang di Pulau Bangka. Dua pulau besar, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung dipisahkan oleh Selat Gaspar. Masing-masing pulau mempunyai kota dan bandara sendiri. Penduduk disana menyebutnya Belitong, sebuah pulau yang diam - diam memiliki sejuta keindahan alam yang harus dijelajahi. Salah satunya adalah Pulau Lengkuas!




Keindahan pantai dan panorama Pulau Lengkuas, menjadikanya menarik perhatian. Perhatianku tentunya, aku memilih terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju Bandara Hanandjoedin, Tanjungpandan. Aku memutuskan memilih Pulau Belitung untuk destinasi liburan pilihan tawaran Sang Pujaan (wiiiiih) yang kebetulan dia ada waktu panjang setelah menyelesaikan pekerjaan proyeknya dan sebelum aku mulai masuk kerja pertama ku setelah aku lulus kuliah. Hmm tentunya dan mungkin liburan kali ini akan jadi liburan yang jeda nya akan lebih panjang menuju liburan selanjutnya, mengingat aku sudah akan mulai bekerja (curhaaat). Yuuup balik ke keindahan Pulau Lengkuas, selain memiliki pantai yang indah, Pulau Lengkuas bisa dinikmati dari atas mercusuar. Dari atas akan terlihat sekeliling pulau lengkuas, bahkan beberapa pulau kecil yang mengelilingi Pulau Lengkuas.

Pintu masuk mercusuar, dimana alas kaki yang digunakan harus dilepas.


Tangga yang harus dilewati menuju puncak mercusuar.


Seindah apasih Pulau Lengkuas dilihat dari atas Mercusuar ini?






Pulau lengkuas ini memang memiliki keindahan yang luar biasa, pasir putih dengan air yang biru jernih membuat kita dapat menikmati dasar pantai di pulau lengkuas . Kumpulan bongkahan batu granit raksasa yang berada di pantai lengkuas ini juga menambak eksotisme pantai di pulau lengkuas.Dari balik kumpulan pepohonan kelapa pulau lengkuas. Mercusuar peninggalan penjajah dengan ketinggian 50 -60 dengan gagah seakan-akan menembus langit diatas pulau lengkuas. Kalian harus mempersiapkan tenaga ekstra, karena mercusuar ini mempunyai 18 lantai yang harus dilewati oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Pulau Lengkuas dari atas mercusuar.












x

Tidak ada komentar:

Posting Komentar